Batik Motif Tugu Muda

0 546

Batik Motif Tugu Muda

Batik Semarang merupakan salah satu batik yang diproduksi oleh orang atau warga Kota Semarang dengan motif atau ragam hias yang berhubungan dengan ikon-ikon Semarang. Sebuah pengertian atau definisi yang akhirnya muncul dari pembahasan tersebut. Batik Semarang menggunakan motif flora dan fauna, dan saat ini Motif Batik Semarang juga bertambah tidak hanya batik dengan motif flora dan fauna saja tetapi ada juga Batik Semarang dengan motif ikon Kota Semarang.

Misalnya pohon asem, tugu muda, lawang sewu, serta legenda-legenda yang ada di Kota Semarang seperti legenda Jatigaleh dan lain sebagainya. Selain itu, warna Batik Semarangan tidak semeriah Batik Pekalongan. Namun, tidak sekalem warna Batik Solo atau Yogya. Salah satu motif batik yang terinspirasi dari ikon Kota Semarang adalah Batik Motif Tugu Muda.

Motif Batik Tugu Muda dibuat dengan menggambarkan Tugu Muda dikelilingi sulur atau tanaman menjalar. Pola ini terinspirasi Tugumuda sebagai monumen Pertempuran Lima Hari di Semarang umtuk menghormati jasa pahlawan. Tugu Muda terletak di Jalan Pemuda, Jalan Pandanaran Semarang.

Source http://aprilhijaber.blogspot.co.id/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/2015/04/batik-semarang.html https://fitinline.com/article/read/batik-semarangan/
Comments
Loading...