Batik Motif Tradisional

0 60

Batik Motif Tradisional

Motif batik yang berkembang dalam masyarakat jawa ini banyak yang merupakan motif batik dengan makna yang sangat dalam dan mempunyai makna yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat luas. Motif batik yang banyak dibuat oleh para keluarga masyarakat jawa ini pada umumnya merupakan motif yang memperlihatkan berbagai bentuk yang melambangkan kebudayaan masyarakat Jawa. Salah satu jenis motif batik yang banyak berkembang adalah batik yang memperlihatkan kehidupan dan juga budaya masyarakat jawa.  Motif batik tradisional yang dibuat oleh masyarakat pada masa lalu pada umumnya memiliki banyak motif yang memiliki bentuk dan juga makna yang dalam.

Motif batik yang dibuat salah satunya adalah motif batik yang menggambarkan motif burung garuda. Motif dan juga pola batik ini menggunakan bentuk klasik dan juga banyak motif batik yang dibuat dengan bentuk tradisional. Kain batik yang memiliki bentuk motif burung garuda ini merupakan motif batik yang menjadi lambang dari bentuk burung garuda yang telah menjadi lambang dari bangsa Indonesia. Simbol dan juga bentuk dari burung garuda ini banyak yang muncul dalam motif batik karena kendaraan ini dalam cerita merupakan kendaraan yang dipakai dalam cerita rakyat. Simbol dan juga bentuk  burung garuda ini telah terkenal sejak zaman dahulu dan banyak dipakai dalam ukiran yang muncul dalam berbagai macam peninggalan sejarah.

Salah satu lokasi peninggalan sejarah yang memiliki bentuk ukiran dan juga pola bentuk burung garuda adalah candi Dieng. Burung garuda ini merupakan salah satu burung yang dikenal sebagai kendaraan para dewa dalam agama Hindu. Dan pada masa dahulu kehidupan masyarakat Jawa banyak dipengaruhi oleh budaya hindu yang pernah berkembang secara luas di pulau jawa. Ukiran dengan bentuk Garuda ini banyak ditemui dalam berbagai macam situs sejarah masa lalu dan juga dalam berbagai macam bentuk dan pola batik yang dibuat oleh masyarakat Jawa.

Source http://bajubiboll.blogspot.co.id/ http://bajubiboll.blogspot.co.id/2016/02/motif-batik-tradisional.html
Comments
Loading...