Batik Motif Sri Ratu Diperkenalkan Sebagai Motif Khas Siraman

0 252

Diperkenalkan Sebagai Motif Khas Siraman

Pemerintah Desa Siraman, Wonosari memiliki harapan tinggi  agar Motif Batik asli desa tersebut bisa dikenal luas di pasaran. Salah satu upaya untuk mengenalkan potensi ini, pemdes pun menggelar pelatihan membatik yang dilakukan pada 12-16 Januari lalu.

Kepala Desa Siraman Damiyo mengatakan, pelatihan ini melibatkan 30 peserta yang berasal dari ibu-ibu rumah tangga di desanya. Harapanny dengan kegiata tersebut dapat meningkatkan kemampuan warga sebagai perajin batik.

Dengan peningkatan ketrampilan ini maka potensi untuk mengembangkan motif batik yang dimiliki makin terbuka lebar. Pasalnya di Siraman sudah memiliki motif batik sendiri yang diberi nama Motif Selo Sri Ratu. Motif Batik Selo Sri Ratu memiliki cerita yang panjang. Motif ini ditemukan bermula dari potensi alam di Desa Siraman berupa batu alam. Saat itu, banyak warga yang menggantungkan hidup dari batu alam.

Namun seiring eksplorasi yang terus menerus, maka batu tersebut habis sehingga warga pun mulai beralih ke mata pencaharian yang lain. “Untuk itu dibuatlah batik motif Selo Sri Ratu yang mendasar pada kekayaan alam yang telah habis di Siraman,” tuturnya.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, untuk saat ini, antusiasme untuk menekuni kerajinan batik masih sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya sentra-sentra kerajinan batik di Gunungkidul. Ia pun berharap potensi ini bisa menjadi produk unggulan dan bersinergi dengan perkembangan pariwisata. Untuk memaksimalkan hasil kerajinan, Badingah pun siap memberikan fasilitas. Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk membantu dalam upaya pemasaran.

Source Batik Motif Sri Ratu Diperkenalkan Sebagai Motif Khas Siraman Batik
Comments
Loading...