Batik Motif Sleman

0 212

Batik Motif Sleman

Untuk mengembangkan ciri khas dari Kabupaten Sleman dan tidak lepas dari identitas salah satu provinsi penghasil batik di Indonesia, maka pemerintah Kabupaten Sleman memberikan kesempatan bagi masyarakatnya khususnya industri batik untuk megembangkan batik sebagai salah satu identitas dengan menciptakan ciri khas baru serta mengembankan motif batik klasik Yogyakarta supaya dapat menjadi ikon baru dari kabupaten Sleman.

Batik Motif Sleman adalah batik yang diciptakan oleh Industri Batik Nakula Sadewa. Batik motif ini merupakan hasil karya asli dari masyarakat Kabupaten Sleman sehingga dapat mewaki seni kerajinan dari Kabupaten Sleman. Motif khas yang di tunjukkan dari Batik Motif Sleman adalah binatang Gajah.

Motif Gajah ini di dapat dari kata Sleman yang berasal dari kata Liman, yang merupakan nama Kabupaten. Liman dalam Bahasa Jawa berarti Gajah, motif Gajah ini yang merupakan ciri khas dari batik motif Sleman. Batik Sleman yang bermotif Gajah sering kali dikombinasikan dengan motif batik klasik. Warna latar belakang batik Sleman pada umumnya adalah biru gradasi putih.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...