Batik Motif Simbar Menjangan

0 410

Batik Motif Simbar Menjangan

Para pengrajin Batik yang ada di seluruh wilayah Banyumas terus melakukan inovasi dan kreasi agar menghasilkan motif yang baru dan tetap bisa diterima oleh pasar tanpa kehilangan identitasnya. Kombinasi dengan kain tenun lurik yang dibatik merupakan salah satu bentuk usaha menyelamatkan Batik Banyumasan dari kepunahan. Kalau tidak kreatif dan membuat inovasi baru, Batik Banyumasan lama-kelamaan bisa punah. Upaya Pemerintah Kabupaten Banyumas dalam mendukung kelestarian batik Banyumas dengan cara menerapkan pemakaian seragam Batik Banyumas bagi seluruh pegawai Pemkab Banyumas pada hari tertentu, biasanya hari Sabtu.

Batik Pringmas sebagai salah satu produsen Batik khas Banyumasan juga selalu melakukan inovasi motif batik baru untuk semakin memperkaya khazanah Batik Banyumas. Salah satunya adalah Motif Simbaran/Simbar Menjangan. Motif Simbaran/Simbar Menjangan terinspirasi dari tumbuhan epifit yg kerap dijumpai di pohon-pohon kelapa, batu-batu atau tebing. Tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan berakar serabut yang hidup melekat pada kayu tertentu, batu dan sebagainya. Berdaun memanjang dan agak bergelombang pada tepinya. Sesuai dengan ciri khas Motif Batik Papringan yang mendapatkan ide dari lingkungan sekitar, maka visualisasi tanaman Simbar Menjangan ini dituangkan dalam batik. Dipadu dengan ikon Lar/sayap, menjadikan motif ini tampak klasik.

Source http://pringmas.blogspot.co.id/ http://pringmas.blogspot.co.id/2016/07/motif-simbar-menjangan.html https://fitinline.com/article/read/batik-banyumas/
Comments
Loading...