Batik Motif Sekar Tinadhah Asem

0 179

Batik Motif Sekar Tinadhah Asem

Sejak batik ditetapkan oleh Badan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), UNESCO, batik terus mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali. Kreativitas yang diciptakan oleh para perajin batik dapat menembus batas dan sekat negara. Di Kota Semarang, Jawa Tengah, batik kontemporer kini tengah berkembang. Ada dua bengkel kerja batik yang terus berkembang dan dianggap mewakili batik kontemporer Semarang.

Keduanya, yakni Sanggar Batik Semarang 16 yang berada di Desa Meteseh Kecamatan Tembalang, Semarang. Dan Workshop Batik Sri Asih di RT 03 / RW 09 Plamongansari Semarang. Dari kedua bengkel ini tercipta motif batik di luar umumnya. Seperti sederet Batik Motif Ramadan ini. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Motif Sekar Tinadhah Asem.

Batik Motif Sekar Tinadhah Asem memiliki corak batik yang khas bernuansa Ramadan. Kali ini bentuk dasar huruf hijaiyyah dipadu dengan bebungaan dan aneka sulur. Namun keduanya disatukan oleh bentuk dasar buah asem yang menjadi ciri khas Kota Semarang. Sejatinya motif itu memang sebagai ekspresi budaya pop, yakni menunjukkan bahwa publik Semarang (disimbolkan bentuk dasar buah asem) termasuk masyarakat cerdas yang mampu menyatukan pemahaman sosial dan jati diri kota.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/2530125/6-batik-unik-semarangan-dari-huruf-arab-sampai-hewan-imajiner
Comments
Loading...