Batik Motif Sekar Puri

0 72

Batik Motif Sekar Puri

Motif Sekar Puri diciptakan berdasarkan keadaan desa Gumelem yang dahulunya merupakan daerah Kademangan, karena nama sekar puri ini ceritanya diambil dari bunga yang tumbuh di dalam puri Kademangan. Motif ini disusun berdasarkan prinsip pengulangan yang menggunakan garis vertikal dengan ornamen yang diisi secara berselingan, antara bunga dan dedaunannya. Sekar atau bunga yang digambarkan pada motif ini dibuat menggunakan prinsip radiasi dengan titik pusat berada di tengah.

Pada ornamen bunga disini bentuknya memiliki perbedaan, ornamen bunga yang pertama bentuknya lebih disusun dengan garis-garis lengkung. Kemudian pada ornamen bunga yang kedua menyerupai bunga tulip yang terdiri dari empat ruas melingkar membentuk ruang kosong pada bagian tengahnya dengan bentuk belah ketupat.

Pada ornamen daun yang berada di tempat berbeda dengan ornamen bunga, digambarkan dedaunan ini menjadi satu rangkaian yang memanjang seperti pada tanaman merambat. Warna dari motif yang menggunakan susunan vertikal ini dibedakan antara merah dan hitam secara berseling. Sedangkan isen-isen yang digunakan untuk melengkapi keindahan motif ini adalah cecek dan cecek sawut.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...