Batik Motif Seatungkang Di Tanjab Barat

0 44

Batik Motif Seatungkang Di Tanjab Barat

Ternyata motif batik khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini ada lebih kurang 40 motif batik yang digagas dari alam, Meskipun belum seterkenal batik-batik asal Jawa dengan beragam motif dan warnanya namun Motif-motif tersebut diambil dari alam.

Seperti motif dari buah-buahan maupun hasil laut dan perairan yang ada di wilayah Tanjung jabung Barat. Demikian menurut Deni Dwi Cahya salah seorang yang saat ini tengah giat menggalakkan mempromosikan batik Kabupaten Tanjab Barat untuk lebih dikenal luas.

Sedangkan motif yang terinspirasi dari perairan Tanjab Barat diantaranya adalah Ikan, Kerang, Udang, dan beberapa jenis lainnya. Baik yang berasal dari laut maupun dari sungai yang ada. Dan salah satu yang paling banyak dijadikan motif batik adalah Udang Ketak, Ikan lepuh dan Kerang.

Inspirasi motif dari alam ini diakui Deni karena ingin mengangkat potensi alam yang ada. Terutama di dalam motif batik yang digunakan. Bukan berarti mereka tidak bisa membuat motif-motif menggunakan pola yang lain.

Batik Motif Seatungkang

Motif ini menggambarkan mengenai adanya kapal tongkang yang berada pada zaman dahulu, yaitu zaman perdagangan laut di kuala tungkal yang masih sangat banyak. Kapal – kapal dari luar daerah bahkan mancanegara yang singgah di bumi srengkuh dayung serentak ketujuan ini.

Kapal ini pada dahulunya sangat dinantikan warga kuala tungkal karena membawa banyak peralatan – peralatan dan bahan – bahan yang dikonsumsi masyarakat yang murah harganya.

Dalam motif batik ini juga terdiri dari binatang – binatang khas kuala tungkal yaitu seperti ketam, cempakul, ubur – ubur, dan cincinut.

Menilik dari sejarah tersebut terbentuklah motif sea tungkang ini yang memiliki makna kiasan jangan pernah melupakan masa lalu, belajarlah dari sejarah, dimanapun kita berada saat ini, ingatlah kuala tungkal adalah tanah kelahiran yang jangan pernah dilupakan

Source http://dekranasda.tanjabbarkab.go.id/ http://dekranasda.tanjabbarkab.go.id/2018/04/24/filosofi-motof-batik-yang-ada-di-kabupaten-tanjung-jabung-barat/
Comments
Loading...