infobatik.id

Batik Motif Sambung Nyawa

0 29

Batik Motif Sambung Nyawa

Nama Sambung Nyawa ini berasal dari sebuah tanaman yang biasanya digunakan sebagai tanaman obat-obatan. Tanaman ini menjadi salah satu jenis dedaunan yang tumbuh subur di daerah Gumelem. Inspirasi pembuatan motif ini didapatkan dari kebiasaan masyarakat Gumelem yang terkadang juga menggunakan daun sambung nyawa ini sebagai lalapan yang dimakan sebagai hidangan pelengkap. Motif ini memiliki susunan garis yang berbentuk vertikal dan diagonal, bentuk vertikal terlihat dari garis yang membatasi ornamen secara berselingan, sedangkan bentuk diagonalnya terlihat dari susunan yang dibuat dari isen-isen galaran yang dibentuk seperti anyaman.

Ornamen daun sambung nyawa yang digambarkan melalui motif ini dibuat memanjat dengan bentuk bidang pada daunnya yang bergelombang dan melebar, tangkai daun pada motif ini difungsikan sebagai penyambung antara daun satu dan lainnya, garis lengkung yang membentuk tangkai ini juga tidak jauh berbeda dengan bentuk daunnya. Isen-isen yang mengisi ornamen daun sambung nyawa ini adalah cecek dan blarak sahirit.

Motif Sambung Nyawa pada bagian lain dari motif ini, terdapat susunan isen-isen galaran yang dirangkai menjadi bentuk diagonal dengan variasi segitiga-segitiga kecil yang mengisi kedua sisi pada dinding garis vertikal. Permainan warna yang dipakai pada motif ini terdiri dari tiga warna yaitu merah, hitam, dan putih, yang dirangkai dengan sempurna sehingga membuat motif ini menjadi lebih terlihat harmonis pada pemakaian warnanya. Sedangkan dari susunan ornamennya, terlihat sisi harmonisnya dari perpaduan penggunaan susunan geometris.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...