Batik Motif Putri Malu Di Tanjung Jabung Barat

0 81

Batik Motif Putri Malu Di Tanjung Jabung Barat

Ternyata motif batik khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini ada lebih kurang 40 motif batik yang digagas dari alam, Meskipun belum seterkenal batik-batik asal Jawa dengan beragam motif dan warnanya namun Motif-motif tersebut diambil dari alam.

Seperti motif dari buah-buahan maupun hasil laut dan perairan yang ada di wilayah Tanjung jabung Barat. Demikian menurut Deni Dwi Cahya salah seorang yang saat ini tengah giat menggalakkan mempromosikan batik Kabupaten Tanjab Barat untuk lebih dikenal luas.

“Saat ini sudah ada lebih kurang 40 motif. Motif-motif tersebut dirancang oleh beberapa pengerajin Batik yang ada di Tanjab Barat,” tutur Deni bersama dengan pengrajin batik Ahmad Daud bin Jailani.

Buah-buahan yang dijadikan motif diantaranya adalah buah pinang. Sebab, pinang merupakan komoditas perkebunan yang cukup potensial di Tanjab Barat. Selain pinang ada juga buah kelapa, buah mata punai, buah lakum dan beberapa buah lainnya termasuk bulu perindu.

Sedangkan motif yang terinspirasi dari perairan Tanjab Barat diantaranya adalah Ikan, Kerang, Udang, dan beberapa jenis lainnya. Baik yang berasal dari laut maupun dari sungai yang ada. Dan salah satu yang paling banyak dijadikan motif batik adalah Udang Ketak, Ikan lepuh dan Kerang.

Inspirasi motif dari alam ini diakui Deni karena ingin mengangkat potensi alam yang ada. Terutama di dalam motif batik yang digunakan. Bukan berarti mereka tidak bisa membuat motif-motif menggunakan pola yang lain.

Batik Motif Putri Malu

Seringkali kita mengabaikan tumbuhan putri malu, namun ternyata di balik keunikannya tersirat makna filosofi yang mendalam. Walau ia hanya tumbuhan kecil yang tampak tidak menarik dan berduri. Dibalik itu ada rahasia yang tersembunyi. Jika daunnya disentuh akan menguncup/ menutup. Malu melakukan perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Perasaan malu pada wanita menjadi filter diri sehingga menjadi sinyal kehati-hatian dalam setiap tindakannya. Dan wanita memang memiliki kepekaan yang lebih dibanding laki-laki. Bisa dikatakan tumbuhan putri malu ini simbol dari sifat sensitif seorang wanita.

Source http://dekranasda.tanjabbarkab.go.id/ http://dekranasda.tanjabbarkab.go.id/2018/04/24/filosofi-motof-batik-yang-ada-di-kabupaten-tanjung-jabung-barat/
Comments
Loading...