infobatik.id

Batik Motif Pilih Tandhing

0 25

Batik Motif Pilih Tandhing

Nama Pilih Tandhing diambil dari dua motif yang dipilih dan dirangkai untuk menjadi satu kesatuan dalam satu motif yaitu Pilih Tandhing. Motif Pilih Tandhing merupakan variasi motif yang dibuat berdasarkan perpaduan antara motif Lumbuan pada motif khas Banjarnegara yang berasal dari tanaman lumbon atau lumbu yang banyak terdapat di pinggiran perairan sawah dengan motif batik truntum dari Yogyakarta.

Kedua ornamen ini dibuat dalam petak yang berbentuk persegi dengan menggunakan prinsip selang-seling, maka pada bidang persegi ini diisi dengan motif yang berselingan antara daun lumbon dan truntum, sehingga petak persegi dengan isian kedua motif ini akan membentuk susunan garis diagonal dengan sendirinya. Daun lumbu dirangkai antara satu dan lainnya menggunakan tangkai daun yang dibuat dengan garis lengkung, melingkari daun lumbon dan mengikuti alur dari daun lumbu yang tersusun secara diagonal.

Arah dari daun lumbon juga dibuat mengikuti bentuk garis diagonalnya, maka dari itu semua daun lumbon ini digambarkan mengarah pada satu sisi yang sama yaitu ke kiri. Warna pada motif ini memadukan antara warna cerah dari kuning dan gelap dari warna coklat sebagai latar pada kain, sedangkan pada warna putih selain digunakan sebagai warna dari ornamen truntum, warna ini juga digunakan sebagai isen-isen blarak sahirit.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...