Batik Motif Parang Golang-Galing

0 455

Batik Motif Parang Golang-Galing

Motif Batik atau Pola Batik menurut unsur-unsur utamanya dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu: Ornamen Motif Batik, yaitu ragam hias utama yang membentuk pola batik, atau yang dipakaisebagai dasar pemberian nama pola tersebut. Ragam hias pengisi atau tambahan, ornamen tambahan yang tidak mempunyai arti dalam pembentukan motif dan berfungsi sebagai pengisi bidang. Biasanya ditempatkan sebagai latarbelakang dari pola, bentuknya dapat sama dengan pola batik dengan ukuran lebih kecil ataudapat berbeda.

Ragam hias berfungsi sebagai penyeimbang bidang agar secara keseluruhan. Isen motif batik, merupakan ornamen tambahan pengisi pola batik, biasanya berupatitik-titik (cecek), garis-garis, gabungan titik dan garis yang berfungsi untuk mengisiornamen-ornamen dari motif atau pengisi bidang diantara ornamen-ornamen tersebut. Pada awalnya Motif Batik Tradisional mempunyai filosofi yang tinggi sehingga batik mempunyai keindahan visual dan keindahan spiritual yang ditampilkan oleh adi filosofinya.

Perkembangan batik saat ini motif-motif yang ada tidak semuanya mengandung filosofi, walaupun dalam penciptaannya motif-motif batik tersebut masih banyak mengacu pada motif-motif tradisional yang sarat akan filosofi. Dalam kesempatan ini Pusat Batik Tulis Yogyakarta ” Sekar Langit ” mempersembahkan karya-karya batik tulis asli dan berkwalitas, di kerjakan oleh para ahli batik tulis yang berpengalaman dalam kerajinan/pekerjaan batik tulis secara turun temurun di kampung batik tulis Giriloyo, kami perkenalkan motif batik tulis ” Parang Golang Galing Seling Sisik “.

Golang Galing berasal dari kata kolang kaling adalah buah aren jenis palma. Motif ini termasuk dalam pola lereng yang merupakan perwujudan rasa syukur atas kesuburan yang dianugerahkan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk kehidupan manusia. Pohon Aren adalah salah satu pohon yang semua bagian dari akar sampai daun termasuk getahnya dapat dimanfaatkan.

Source Batik Motif Parang Golang-Galing Batik
Comments
Loading...