Batik Motif Pandawa Lima Diminati Kolektor Australia

0 222

Batik Motif Pandawa Lima Diminati Kolektor Australia

Salah satu perajin batik di Batang bernama Kaeni Tasuri mengatakan bahwa kerajinan Batik Motif Pendawa Lima tersebut sudah ditawar oleh seorang kolektor berasal dari Australia senilai Rp. 30 juta. Koleksi Batik Motif Pendawa Lima ini bukan sembarang batik karena bentuknya dibuat sangat halus dengan pewarnaan yang cerah, terdiri atas lima warna, yaitu kuning, jingga, merah, biru, dan hitam.

Sesuai dengan nama motifnya, Batik Pendawa Lima menggambarkan para tokoh pewayangan, yaitu Prabu Yudhistira (Puntadewa), Bima (Werkudara), Raden Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Kelebihan yang dimiliki batik motif Pendawa Lima adalah semua warna gradasi akan muncul, khususnya ornamen masing-masing wayang muncul atau timbul, seperti tiga dimensi dengan kombinasi warna cerah.

Pembuatan batik tersebut membutuhkan waktu sekitar dua tahun sehingga batik bermotif “Pendawa Lima” mempunyai kualitas tinggi. “Oleh karena itu, dengan potensi yang dimiliki perajin batik Batang ini, kami berharap pemkab bisa memberikan perhatian serius akan keberadaan kerajinan batik karena batik dari Bumi Alas Roban itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu,” kata Kaeni Tasuri.

Perajin meminta Pemerintrah Kabupaten setempat melakukan kegiatan pameran atau promosi sebagai upaya membangkitkan kembali kerajinan batik daerah itu. Selama ini, kerajinan batik seperti jenis sarung encin sudah kami pasarkan ke Thailand. Selain itu, untuk pasaran lokal, kerajinan batik ini juga sudah menembus ke Sulawesi, Kalimantan, Surabaya, dan Banten.

Source Batik Motif Pandawa Lima Diminati Kolektor Australia Batik
Comments
Loading...