Glamornya Batik Pacitan di Tangan Stephanus Hamy

0 46

Sulit bagi Stephanus Hamy untuk berpaling dari wastra Nusantara. Baginya, Indonesia kaya akan warisan berupa kain tradisional yang selalu menarik untuk diolah.  Komitmen Hamy, begitu ia akrab disapa, untuk konsisten mengangkat wastra tradisional ia buktikan kembali di IPMI Trend Show 2016 yang digelar di The Hall Senayan City. Kali ini, ia mengeksplor batik dari Pacitan, Jawa Timur.

Di tangan dingin Hamy, batik pacitan yang identik dengan motif pace atau buah mengkudu, dan karang laut, tampak lebih modern dan glamor. Selain potongannya yang klasik namun tetap terasa kekinian, koleksi dari Hamy Culture, label kedua Hamy, ini tampak memikat berkat kecakapan sang desainer dalam memadupadankan kain tradisional dengan material modern.

Misal saja, pada sebuah look, desainer yang pernah mengenyam pendidikan mode di American Academic Fashion Major in College Level, Paris, itu memadukan rok flare batik pacitan biru royal dengan sleeveless top berwarna metalik yang mengilap sehingga terlihat modern sekaligus glamor. Kain batik yang diikat seperti sabuk semakin mempertegas kesan glamor itu.

Look lain menampilkan blouse batik berkerah tinggi yan dipadu dengan rok midi high-waist berpayet yang berhiaskan peplum berbahan tulle. Berbagai pilihan outer seperti blazer dan coat ikut menemani beberapa pilihan busana. Koleksi yang cocok dipakai sebagai busana kerja atau pesta cocktail.

Selain komitmennya, koleksi ini juga bukti Hamy untuk konsisten berkontribusi bagi industri mode Tanah Air meski kesehatannya terganggu. Sejak beberapa tahun terakhir ia mengalami stroke ringan sehingga membuat beberapa bagian tubuhnya tidak aktif. Namun itu bukan penghalang untuk terus berkarya.

Source https://wolipop.detik.com/read/2015/12/01/193917/3085409/233/glamornya-batik-pacitan-di-tangan-stephanus-hamy wolipop.detik.com
Comments
Loading...