Batik Motif Ombak Bono Di Kep. Meranti

0 39

Batik Motif Ombak Bono

Berbagai ragam motif batik khas melayu seperti ombak bono, pucuk rebung, dan bunga kiambang produksi Batik Andalan yang merupakan mitra binaan PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ramai dipadati pengunjung bazar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke VIII Kabupaten Kepulauan Meranti di halaman Kantor Bupati. Setelah membuka stand bazar MTQ, Wakil Bupati Kab. Kepulauan Meranti, Drs. H. Said Hasyim menyempatkan diri mengunjungi stand RAPP didampingi Ketua DPRD Provinsi Riau, Fauzi Hasan, Sekretaris Daerah, Wakil Ketua DPRD, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Samsuriya menyatakan bahwa RAPP ingin menampilkan produk kerajinan binaan dalam rangka mengenalkan ragam produk kearifan lokal.”Melalui bazar ini kami berharap masyarakat luas khususnya Kepulauan Meranti dapat mengenal produk lokal binaan perusahaan, karena perusahaan akan terus berkomitmen untuk berkontribusi di segala bidang salah satunya dibidang pelestarian budaya.

Seperti batik Riau Andalan ini yang memperkenalkan corak-corak batik khas Riau,” ungkap Samsuriya.Tidak hanya menampilkan batik, salah perusahaan kertas terbesar di dunia ini juga menampilkan berbagai macam produk hasil binaan RAPP, mulai dari madu, berbagai macam produk olahan ikan, serta menampilkan teknologi pemadam kebakaran dari tim Fire Fighter dan program Restorasi Ekosistem Riau.

Maka lahirlah motif khas, batik gelombang “Bono” yang diambil dari nama fenomena alam ombak besar di muara Sungai Kampar yang telah lama menjadi andalan wisata di Riau. Dan motif ini sejak 2015 sudah mendapat hak cipta sebagai kekayaan intelektual dari Kemenkumham.

Source https://www.goriau.com/ https://www.goriau.com/berita/kep-meranti/batik-andalan-meriahkan-bazar-mtq-kepulauan-meranti.html
Comments
Loading...