Batik Motif Nitik Kembang Kenanga Di Bantul

0 36

Batik Motif Nitik Kembang Kenanga Di Bantul

Bantul merupakan sebuah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang terkenal dengan seni kerajinan batik.  Awal mula kerajinan batik tulis di daerah Bantul ini konon bersamaan dengan pendirian komplek pemakaman Raja Mataram di wilayah Imogiri di abad ke 16.
Pembuatan makam raja di wilayah Bantul ini menjadi awal mula hubungan antara masyarakat daerah Bantul ini dengan pihak keraton. Pada masa itu keraton membutuhkan tenaga yang dapat memelihara dan juga menjaga makam Raja tersebut. Hal ini membuat keraton akhirnya memberikan tugas abdi dalem kepada penduduk di lingkungan tersebut.
Keterampilan membuat batik yang dimiliki oleh para abdi dalem keraton tersebut kemudian dipelajari oleh penduduk wilayah Bantul, dan mereka membuat batik untuk memenuhi kebutuhan batik Keraton. Keahlian masyarakat Bantul membuat motif batik halus khas keraton ini berkembang dengan baik terutama pada penduduk yang berada di wilayah Giriloyo.
Keahlian membuat batik ini kemudian menjadi seni yang di wariskan secara turun temurun dalam masyarakat Bantul. Keahlian masyarakat Bantul dalam membuat motif batik keraton ini memancing kreativitas masyarakat daerah tersebut untuk menciptakan motif batik khas Bantul yang dapat dipakai secara bebas.
“Canting itu digerakkan sesuai arah yang diinginkan, kalau tidak nanti polanya tidak bagus,” ujar Desti Sudaltri, salah satu pembatik.

Batik Motif Nitik Kembang kenanga

Motif batik Kembang Kenanga ini sepintas memang mirip seperti motif Kawung. Namun sebenarnya kedua motif ini berbeda. Perbedaan dasar itu dapat terlihat pada bagian dasar tembokan dan hiasan ornamen di dalam bagian irisan lingkaran yang memiliki bentuk seperti cacah gori.
Selain itu warna motif batik Kembang Kenanga ini lebih banyak didominasi warna hitam. Pada masa lalu, kain dengan motif batik ini lebih pantas dipakai oleh orang tua terutama kaum ibu. Motif ini dianggap kurang cocok untuk dipakai para gadis karena dianggap memiliki pola yang terlalu sederhana dan warna yang kurang cerah.
Namun dalam motif batiknya yang sederhana dan warna yang kurang cerah ini terkandung harapan bahwa motif batik ini akan memberikan kehormatan kepada seorang ibu dan harapan akan seorang ibu yang memiliki jiwa yang sederhana.
Source http://blog.batikhush.com/ http://blog.batikhush.com/2016/05/motif-batik-khas-bantul.html
Comments
Loading...