Batik Motif Ngarak Warak

0 237

Batik Motif Ngarak Warak

Batik Semarang merupakan batik yang diproduksi oleh masyarakat yang tinggal di Kampung Batik Semarang dengan motif atau ragam hias yang berhubungan dengan ikon-ikon Semarang. Batik Semarang menggunakan motif flora dan fauna, dan saat ini motif Batik Semarang juga bertambah tidak hanya batik dengan motif flora dan fauna saja tetapi ada juga Batik Semarang dengan motif ikon Kota Semarang.

Misalnya pohon asem, tugu muda, lawang sewu, serta legenda-legenda yang ada di kota Semarang seperti legenda Jatigaleh dan lain sebagainya. Selain itu, warna batik Semarangan tidak semeriah batik Pekalongan. Namun, tidak sekalem warna batik Solo atau Yogya. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Motif Ngarak Warak.

Batik Motif Ngarak Warak adalah batik dengan corak landmark. Motif menggambarkan mengarak/menggiring warak. Warak adalah  mainan anak-anak yang dulu sangat populer di Kota Semarang dan sekitarnya, dan biasa dijual saat megengan atau pasar malam/dugderan menjelang bulan suci. Bentuk fisiknya adalah hewan berkaki empat dengan leher panjang, berbulu keriting (bisa juga lurus atau acak-acakan) dengan aneka warna khususnya merah, putih, kuning, hijau dengan sudut-sudut tubuh dan kepala yang lurus.

Source http://aprilhijaber.blogspot.co.id/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/2015/04/batik-semarang.html https://fitinline.com/article/read/batik-semarangan/
Comments
Loading...