Batik Motif Mangrove Tumuk Putih dari Kubu Raya

0 65

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya meluncurkan secara resmi batik motif mangrove tumuk putih khas Kubu Raya. Peluncuran dilakukan Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus pada momen Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi ke-71 di Aula Kantor Bupati Kubu Raya.

Motif mangrove tumuk putih menjadi motif kelima dari batik khas Kubu Raya yang telah diluncurkan secara resmi. Mulai dari motif layar meretas, kelambu raja, harmoni serampai, gelombang muare, dan yang terbaru mangrove tumuk putih. Dengan kehadiran motif terbaru berupa mangrove tumuk putih semakin menambah keberagaman batik-batik yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Selama ini, berbagai motif batik khas Kubu Raya selalu ditampilkan dalam berbagai acara resmi dan tidak resmi. Karena itu, saya berharap kelima motif batik khas Kubu Raya dapat terus digunakan dalam berbagai kesempatan.

Mangrove tumuk putih dijadikan sebagai motif batik khas Kubu Raya menurutnya didasarkan pada kondisi wilayah Kubu Raya yang didominasi potensi hutan mangrove. Bahkan, menurutnya, mangrove tumuk putih menjadi satu-satunya mangrove terlangka di dunia dan berada di Kabupaten Kubu Raya.

Tentu perlu kita lestarikan, perkenalkan, dan peluncuran ini sebagai bentuk kita mempromosikan kekayaan potensi mangrove yang ada di Kubu Raya. Nah, hari ini kita launching batik mangrove tumuk putih khas Kubu Raya. Mudah-mudahan ini berkesan dan dapat segera digunakan untuk berbagai kegiatan baik di tingkat nasional maupun daerah. Batik mangrove tumuk putih merupakan ikon Kubu Raya dalam mempromosikan mangrove di Pantai Tengkuyung. Pantai Tengkuyung sendiri merupakan trek ekowisata bagi dunia dan masyarakat Provinsi Kalimantan Barat.

Source http://pontianak.tribunnews.com/2018/07/27/motif-mangrove-tumuk-putih-resmi-diluncurkan-sebagai-khasanah-batik-kubu-raya http://pontianak.tribunnews.com
Comments
Loading...