Batik Motif Kupu Mutiara

0 126

Batik Motif Kupu Mutiara

Motif Kupu Mutiara ini merupakan batik yang inspirasi penciptaannya berdasarkan keadaan lingkungan sekitar yang banyak terdapat tumbuh-tumbuhan, salah satu diantaranya adalah bunga dengan hewan yang selalu mendekatinya dimanapun tumbuhan ini berada yaitu kupu-kupu. Ornamen kupu-kupu pada motif ini digambarkan melalui penampang dari sebelah atas punggung pada keadaan terbang, dengan sayapnya terbuka. Kupu-kupu pada motif ini memiliki bentuk yang mendekati sempurna menyerupai hewan aslinya, terlihat dari sayap hewan ini yang tidak digambarkan dengan bentuk lain.

Motif ini disusun secara bebas, antara ornamen kupu-kupu, dedaunan, maupun bunganya agar lebih terlihat natural. Tetapi walaupun disusun secara bebas, motif ini tetap memperhatikan penempatan yang sudah diperhitungkan, terlihat dari susunan yang bebas ini akan kembali terulang pada bagian sisi kain selanjutnya, dengan susunan yang hampir sama seperti sebelumnya, sehingga menjadi satu kesatuan motif yang memberikan kesan harmoni.

Motif Kupu mutiara menggunakan unsur-unsur garis yang menjadi dasar pembuatan dalam motif ini masih menggunakan garis yang memberikan kesan lembut seperti pada penggunaan garis lengkung ini, menyesuaikan pada ornamen-ornamen yang berada dalam susunan Motif Batik Kupu Mutiara. Isen-isen pada motif ini antara lain adalah cecek, sisik melik, sawut, dan cantel yang disusun secara berantai. Sedangkan warna yang digunakan adalah hitam sebagai latar kain, hijau sebagai warna ornamen,dan putih sebagai warna pada isen-isen.

Source file:///F:/bahan%20batik/Amelia%20Candra%20Dewi%2009206244014.pdf
Comments
Loading...