infobatik.id

Batik Motif Kopi Luwak Di Tanjab Barat

0 20

Batik Motif Kopi Luwak Di Tanjab Barat

Ternyata motif batik khas Kabupaten Tanjung Jabung Barat saat ini ada lebih kurang 40 motif batik yang digagas dari alam, Meskipun belum seterkenal batik-batik asal Jawa dengan beragam motif dan warnanya namun Motif-motif tersebut diambil dari alam.

Seperti motif dari buah-buahan maupun hasil laut dan perairan yang ada di wilayah Tanjung jabung Barat. Demikian menurut Deni Dwi Cahya salah seorang yang saat ini tengah giat menggalakkan mempromosikan batik Kabupaten Tanjab Barat untuk lebih dikenal luas.

Inspirasi motif dari alam ini diakui Deni karena ingin mengangkat potensi alam yang ada. Terutama di dalam motif batik yang digunakan. Bukan berarti mereka tidak bisa membuat motif-motif menggunakan pola yang lain.

Batik Motif Kopi Luwak

Luwak adalah hewan pemakan kopi, yang dapat menghasilkan kopi berkualitas tinggi. Hal ini bisa terjadi karena luwak selalu memakan biji kopi yang terbaik. Luwak tak akan mau memakan biji kopi yang mentah ataupun yang rusak. Dari uraian diatas menyatakan  motif kopi luwak dapat menggambarkan bahwa sebagai manusia yang memiliki kelebihan berupa akal dan pikiran, haruslah mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Dan harus mampu menjadi manusia yang berguna (bermanfaat) bagi orang lain

Source http://dekranasda.tanjabbarkab.go.id http://dekranasda.tanjabbarkab.go.id/2018/04/24/filosofi-motof-batik-yang-ada-di-kabupaten-tanjung-jabung-barat/
Comments
Loading...