Batik Motif Kembangsongo Di Bantul

0 43

Batik Motif Kembangsongo Di Bantul

Sentra batik tulis Nitik Kembangsongo yang terletak di Desa Trimulyo, Jetis, Bantul yang memiliki ciri khas motif batik yang disebut batik Nitik. Motif ini terdiri dari unsur titik-titik besar dan kecil membentuk suatu pola-pola geometris, bentuk-bentuk bunga, daun, sulur, dan garis-garis panjang. Motif batik Nitik ini sekarang dipandang oleh konsumen batik tulis terkesan monoton dan miskin inovasi bentuk dan hasil pewarnaan yang hanya berwarna biru wedel sogan coklat.

Siyam mengatakan bahwa keunikan yang dimiliki oleh sentra Batik Kembangsongo dan ini tidak dimiliki oleh sentra batik tulis dimanapun adalah dengan membuat canting cawang. Canting ini sebenarnya canting yang digunakan untuk membatik tulis dengan ukuran klowong. Bedanya ialah pada ujung canting dibelah menjadi 4, sehingga hasil goresannya berbentuk garis bukan titik.

Dari malam yang keluar pada bibir canting akan membentuk garis yang bisa membuat hasil cantingan memiliki ciri khas. Ciri khas inilah yang akhirnya disebut dengan Nitik sebagai penciri batik dari wilayah Kembangsongo. Walau demikian para pembatik di Kembangsongo juga bisa membuat batik tulis dengan canting biasa dan hasilnya lebih baik dan halus.

Source https://jrd.bantulkab.go.id/ https://jrd.bantulkab.go.id/wp-content/uploads/2017/2013/01jrddes13.pdf
Comments
Loading...