Batik Motif Kawung Semar

0 575

Batik Motif  Kawung Semar

Motif Batik Kawung yang terdiri dan empat bulatan lonjong dengan titik pusatnya ditengah merupakan lambang persatuan seluruh rakyat, alam dan kepercayaan serta menggabungkan semua unsur kedelapan kesatuan tunggal yang selaras. Batik Kawung menjadi identik dengan tokoh punakawan yang paling terkenal, yaitu Semar. Hal inilah yang membuat Motif Batik Kawung popular di khalayak ramai. Salah satu jenis Batik Kawung adalah Motif Kawung Semar.

Penamaan pada Motif Kawung Semar merupakan salah satu tokoh punakawan yang selalu mengikuti kesatria yang baik dalam cerita pewayangan. Semar memberi makna simbolisme tentang abdi yang selalu memberi nasehat, petuah, petunjuk, serta pengayom kepada kesatria yang diasuhnya. Sehingga Motif Kawung Semar memberi makna “pamomong”, artinya seorang abdi dalem harus selalu setia, mengasuh dan mengingatkan kepada orang yang diasuhnya. Motif Kawung Semar juga memberi suatu harapan terhadap si pemakai akan selalu terhindar dari suatu perbuatan yang buruk dan mengerjakan perbuatan yang baik menurut ajaran keyakinan yang dianut, sehingga dapat mengambil intisari dari perbuatannya.

Setiap Motif Batik Kawung memiliki filosofi dan simbolisme berbeda. Dan bukan hanya motif saja yang sangat detail, tetapi hingga filosofi motif tersebut juga sangat detail dan lengkap. Sesuai dengan karakter kehidupan masyarakat Jawa yang adiluhur.

Source http://indonesianbatik.id/ http://indonesianbatik.id/2018/02/06/makna-simbolis-batik-indonesia-motif-kawung-secara-khusus/
Comments
Loading...