Batik Motif Kawung Sekar Ageng

0 134

Batik Motif Kawung Sekar Ageng

Motif Kawung berpola bulatan yang mirip dengan buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Batik kawung berbentuk geometris segi empat di dalam pengartian kebudayaan Jawa melambangkan suatu ajaran tentang terjadinya kehidupan manusia. Salah satu jenis Batik Kawung adalah Motif Kawung Sekar Ageng.

Motif Kawung Sekar Ageng memiliki pengertian bunga yang besar berbentuk teratai, yaitu memberi makna simbol tentang segala sesuatu yang besar. Interpretasi dari pengertian bunga teratai dimaksudkan bahwa sekar ageng memiliki makna “kewibawaan yang luas”, yaitu sebuah harapan dari yang memakai Motif Kawung akan mendapatkan kewibawaan yang selalu di hormati serta di segani oleh orang lain dalam bermasyarakat.

Setiap motif batik kawung memiliki filosofi dan simbolisme berbeda. Dan bukan hanya motif saja yang sangat detail, tetapi hingga filosofi motif tersebut juga sangat detail dan lengkap. Sesuai dengan karakter kehidupan masyarakat Jawa yang adiluhur.

Source http://indonesianbatik.id/ http://indonesianbatik.id/2018/02/06/makna-simbolis-batik-indonesia-motif-kawung-secara-khusus/
Comments
Loading...