infobatik.id

Batik Motif Kawung Sari

0 54

Batik Motif Kawung Sari

Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Salah satu jenis Motif Batik Kawung adalah Motif Kawung Sari. Sari dalam bahasa Jawa dapat diartikan sama dengan “pathi” (tepung). Sari memiliki makna simbol tentang inti manusia hidup untuk menjalankan perbuatan yang baik.

Perbuatan yang baik berdasarkan dari nasehat orang yang lebih tahu atau orang tua, serta ajakan dan larangan dari orang lain tentang hukum adat yang berlaku, sehingga akan memberi hikma tertentu. Namun tentunya perlu adanya penyaringan tentang hal-hal yang baik dan yang buruk dari ajakan kebaikan bagi setiap manusia, sehingga hidupnya akan selalu mendapatkan hikmah dari inti sari yang selalu baik. Interpretasi motif kawung sari memberi pengertian tentang simbolisme dari duduknya antara abdidalern atau rakyat yang selalu dekat dengan rajanya.

Makna simbolisme ini diilhami dari ornamen utama kawung sari yang berbentuk bulatan lonjong. Interpretasinya adalah rakyat menyadari sepenuhnya bahwa mengabdi harus memiliki sifat “kamawula”, artinya bahwa dirinya merupakan bagian dari kekuasaan serta mempunyai kewajiban untuk mengabdi. Sedangkan bentuk garis (sawut) yang berhimpitan lurus dengan warna terang memiliki makna simbolisme tentang sinar yang menerangi, yaitu raja harus selalu menerangi rakyatnya dalam keadaan apapun, sehingga rakyat selalu merasa aman, tentram serta damai dalam menjalankan kewajibannya.

Source http://indonesianbatik.id/ http://indonesianbatik.id/2018/02/06/makna-simbolis-batik-indonesia-motif-kawung-secara-khusus/
Comments
Loading...