Batik Motif Kawung Kembang

0 79

Batik Motif Kawung Kembang

Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Motif ini biasanya bergambar nama bunga pohon aren (buah kolang-kaling). Batik kawung berbentuk geometris segi empat di dalam pengartian kebudayaan Jawa melambangkan suatu ajaran tentang terjadinya kehidupan manusia.

Batik Kawung pada zaman dahulu hanya diperbolehkan untuk kalangan keluarga kerajaan saja. Motif kawung merupakan salah satu dari motif larangan, seperti Motif Parang, Motif Parang Rusak, Motif Cemukiran, Motif Sawat, Motif Udan Liris, Motif Semen Dan Motif Alas-alasan. Dan motif larangan ini hanya dapat dibuat dan digunakan di lingkungan keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Motif batik yang digunakan oleh seseorang menjadi penanda status sosial orang tersebut, terutama di kalangan kerajaan.

Dengan seiring perkambangan zaman, Batik Kawung mulai digunakan oleh golongan-golongan yang berbeda. Terlebih setelah negara Mataram dibagi menjadi dua, yaitu Surakarta dan Yogyakarta. Di Surakarta, batik kawung digunakan oleh golongan punakawan dan abdi dalem jajar priyantaka. Sedangkan di Yogyakarta batik kawung ini digunakan oleh sentana dalem. Salah satu jenis Batik Kawung adalah Motif Kawung Kembang.

Motif Kawung Kembang memiliki makna simbolis suatu harapan tentang cita-cita luhur atau baik yang selalu berbunga. Maksud di dalam menggunakan motif kawung Kembang memberikan pemahaman tentang suatu cita-cita yang baik, dapat terhindar dari hal-hal yang buruk, sehingga dapat mengharumkan keluarga, juga masyarakat dan kerajaan.

Source http://indonesianbatik.id/ http://indonesianbatik.id/2018/02/06/makna-simbolis-batik-indonesia-motif-kawung-secara-khusus/ https://fitinline.com/article/read/keunikan-makna-filosofi-batik-klasik-motif-kawung/
Comments
Loading...