Batik Motif Karya Tama

0 40

Batik Motif Karya Tama

Batik ini didesain oleh Budi Raharjo ( Batik Tengah Sawah Pacitan, Jawa Timur, Indonesia ) pada bulan Maret 2016. batik ini mendapatkan nominasi 10 besar di Lomba desain batik Jatim Indonesia kategori guru untuk busana kerja. Batik dengan judul Karya Tama  dengan kata lain Karya Utama yang berarti mengutamakan pekerjaan.

Motif batik ini terdiri dari ayam Bekisar, bunga Teratai , bunga Senggani , buah Pace dan ornament Kawung. Ayam Bekisar merupakan motif batik khas Jawa timur, ayam merupakan hewan yang familier, giat bekerja dan peduli akan keluarganya, demikian juga seseorang hendaknya bersifat familier , giat bekerja dan peduli akan sesama terutama orang2 yang berada didekatnya.

Bunga Teratai hidupnya dirawa yang berlumpur, namun bunganya tampak indah , demikian juga seseorang walaupun berada ditempat yang kurang bagus namun perilaku yang baik harus diutamakan.
Bunga Senggani merupakan bunga liar yang hidupnya dihutan berguna untuk obat maknanya seseorang walaupun hidupnya kurang beruntung namun hendaknya dapat memberikan sumbangan baik pikiran maupun tenaga pada orang lain.

Buah Pace , buah yang bentuknya kurang bagus, bahunya menyengat namun baik ntuk obat , demikian juga  seseorang jangan hanya mengandalkan  fisik semata, walaupun fisik kurang bagus namun pikiran dan perbuatan yang baik bisa disumbangkan bagi orang lain. Kawung merupakan motif awal dibuatnya batik di Jawa Timur, kawung terdiri dari 2 garis yang ujungnya menyatu menggambarkan akan terjalinnya kerja sama yang baik, kawung juga merupakan motif batik yang digunakan oleh abdi dalem, kawung juga merupakan motif batik yang digunakan untuk abdi negara atau pegawai di Indonesia.

Source http://retnotoni.blogspot.com http://retnotoni.blogspot.com/2016/05/karya-tama.html
Comments
Loading...