Batik Motif Godhong Pethetan

0 297

Batik Motif Godhong Pethetan

Batik khas Banyumas mempunyai ciri pola batik tersendiri yang merupakan ciri Batik Pedalaman, yaitu banyak yang terinspirasi dari motif tumbuhan dan hewan. Sesuai dengan lingkunganya seperti hutan dan gunung. Proses pewarnaannya pun banyak menggunakan warna tua atau gelap dengan gambar yang lugas dan tegas, seperti budaya masyarakat Banyumas yang apa adanya. Walaupun ada beberapa pembuat batik di Banyumas yang membuat batik dengan motif yang berbeda. Batik Banyumas hampir memiliki kesamaan dengan Motif Jonasan. Motif Jonasan merupakan kelompok dari motif non geometrik yang didominasi dengan warna-warna dasar kecoklatan dan hitam. Warna coklat karena soga, sementara warna hitam karena wedel.

Batik Banyumasan memiliki kekhasan yang terlihat dari motif maupun pewarnaannya yang mempunyai warna pekat dan tandas. Para pengrajin bati di Desa Papringan tak pernah habis akan ide motif batik karena mereka melihat segala sesuatu di sekitar mereka sebagai objek yang bisa diterapkan dalam batik. Tidak terkecuali tumbuh-tumbuhan yang ada di halaman rumah atau pekarangan.

Motif Godongan menggambarkan dedaunan atau tanaman hias Puring, atau dalam bahasa Banyumasan disebut “pethetan”, berdaun panjang-panjang yang pada masyarakat pedesaan biasanya dijadikan tanaman pagar. Tumbuhan ini mempunyai daun yang warna-warni dalam satu helai daunnya. Biasanya digunakan pula dalam racikan bunga tabur maupun rangkaian bunga pada upacara kematian, juga untuk rangkaian bunga “kembar mayang” pada upacara adat perkawinan.

Source http://pringmas.blogspot.co.id/ http://pringmas.blogspot.co.id/2016/07/batik-motif-godhong-pethetan.html https://fitinline.com/article/read/batik-banyumas/
Comments
Loading...