Batik Motif Gereja Blenduk

0 244

Batik Motif Gereja Blenduk

Batik Semarangan, sama seperti halnya batik pesisiran lainnya yang tidak mengikuti pakem membatik seperti yang ada di wilayah Solo atau Jogja. Sejak jaman dahulu, karakter warga Kampung Batik semarang dalam membuat batik selalu mengedepankan konsep bebas dengan membuat motif batik yang sesuai dengan kreasi atau keinginan mereka sendiri. Motif batik adalah gambar pada batik berupa perpaduan antara garis, bentuk dan isen menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara keseluruhan.

Motif batik disebut juga dengan corak batik atau pola batik. Motif batik Semarangan identik dengan landmark dan naturalis. Landmark menunjukkan tempat-tempat yang menjadi ikon kota Semarang, sedangkan naturalis seperti ikan, kupu-kupu, bunga, pohon, kombinasi bukit dan bunga mempunyai makna karakter masyarakat pesisiran yang bersifat lebih terbuka dan eskpresionis. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Motif Geeja Blenduk.

Motif batik ini dibuat dengan mengambil salah bangunan bersejarah di Kota Semarang yaitu Gereja Blenduk. Gereja Blenduk (kadang-kadang dieja Gereja Blendug dan seringkali dilafazkan sebagai mBlendhug) adalah Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun oleh masyarakat Belanda di Semarang pada tahun 1753. Gereja Blenduk terletak di kawasan Kota Lama, Semarang.

Source http://aprilhijaber.blogspot.co.id/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/2015/04/batik-semarang.html
Comments
Loading...