Batik Motif Gambang Semarangan

0 192

Batik Motif Gambang Semarangan

Produk yang dihasilkan oleh pengrajin Batik Semarangan berupa : selendang, dasi dan topi. Dan hingga kini belum dikenal proses cap atau printing untuk pembuatan Batik Semarangan ini. Semarang merupakan daerah pelabuhan dan salah satu pusat investasi industri terbesar di Indonesia. Semarang sering disinggahi bangsa dan budaya luar, sehingga banyak akulturasi budaya terjadi. Dalam bidang batik, banyak yang mengira bahwa Semarang merupakan sentra batik di Jawa Tengah.

Namun sampai saat ini belum ada yang menunjukkan Semarang memiliki tradisi batik, apalagi memiliki motif dan pakem yang jelas. Semarang menjadi wilayah perbatikan kurang banyak disebut, kemungkinan karena di wilayah tersebut jumlah produsen batik relative kecil ketika meningkatnya pengusaha batik Indo-Eropa dan Cina peranakan. Hal itu begitu berbeda bila dibandingkan dengan wilayah pekalongan.

Motif Batik Semarang sangatlah natural, berasal dari ide kreatifitas yang terlahir dari para pengrajinnya. Tentunya pengrajin tersebut memiliki kebudayaan yang kental dengan ciri khas budaya Semarang, oleh karena itu motif batik yang sering ditampilkan dari batik Semarang yaitu beberapa gambar rumah adat istiadat, mesjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief khas dari kota Semarang. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Semarangan Motif Gambang Semarangan.

Batik Semarangan Motif Gambang Semarangan menggambarkan salah satu alat musik tradisional Kota Semarang. Alat musik Gambang Semarang merupakan salah satu ikon kota semarang. Gambang biasanya di mainkan di kesenian Karawitan.

Source http://aprilhijaber.blogspot.co.id/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/2015/04/batik-semarang.html
Comments
Loading...