Batik Motif Gajah Birowo

0 428

Batik Motif Gajah Birowo

Ada sedikit kesamaan bentuk motif gajah antara Batik Motif Gajah Birowo dan Batik Motif Sleman, bentuk motif gajah yang ada dalam kedua batik tersebut masih memiliki pengaruh dari kebudayaan Hindu-Budha yang masih mengambarkan figur binatang menyerupai aslinya. Teknik penciptaan motifnya sering disebut dengan teknik stilisasi dari bentuk gajah dan tumbuh-tumbuhan yang ada di daerah Kabupaten Sleman dengan cara memindahkan bentuk yang telah ada serta tidak meninggalkan bentuk asli objek.

Batik Gajah Birowo melambangkan kepemimpinan, kuat, dan kewibawaan. Diharapkan orang yang memakai batik motif ini menjadi pemimpin yang bijaksana dan berhatihati dalam berprilaku. Motif Gajah Birowo adalah gajah yang sangat besar mengambarkan dunia tengah, lambang ilmu pengetahuan, lambang pengayom sumber kekuatan yang bijaksana. Sedangkan kata Birowo sendiri berarti kekuasaan.

Kain Batik Motif Gajah Birowo dipercaya merupakan sumber kekuatan bagi mereka yang membutuhkannya, Motif Gajah Birowo melambangkan kepemimpinan yang bijaksana, yang biasa dipakai dalam upacara kebesaran oleh para bupati di Mangkunegaran. Kain batik Gajah Birowo ini juga dapat digunakan sebagai lambang kebesaran di acara-acara tertentu.

Source http://eprints.uny.ac.id/38067/1/Krisna%20Kurniawan_07206244003.pdf
Comments
Loading...