Batik Motif Empat Naga Mengapit Bunga Kiambang Di Pekanbaru

0 50

Batik Motif Empat Naga Mengapit Bunga Kiambang Di Pekanbaru

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek nanti, UKM Bayangkari Pekanbaru menelurkan batik dengan motif empat naga mengapit bunga kiambang. Menurut pencetus batik ini, Miranti Adang Ginanjar mengatakan, batik karyanya ini lebih memaknai keberagaman di Bumi Melayu.

Di tanah melayu khususnya Pekanbaru, ujanya, terdiri dari beragam etnis dan budaya. Dan batik adalah sebuah budaya lokal. Olehkarenanya, dia berusaha memadukan budaya lokal dengan mengambil unsur-unsur ciri budaya peranakan Tionghoa.

Selain motif empat naga, dalam batik peranakan melayu karya Miranti juga menampilkan gambar lampion di dalamnya. Lampion, kata dia, juga sangat identik dengan budaya peranakan. Mengenai proses kreatif pembuatan batik ini, Miranti mengungkapkan dia membutuhkan waktu selama dua bulan. Mulai dari design, pembuatan cap, hingga produksinya.

Diungkapkan Miranti, saat ini dirinya telah mempersiapkan tujuh motif batik pernakan melayu lainnya. Di antaranya adalah rumah kuno Bagan Siapi api, bakar tongkang dan lain-lain.

“Tradisi peranakan tidak bisa lepas dari kearifan dan lokal. Saya berharap batik peranakan melayu mampu bersaing dengan batik naga dan batik burung hong di Cirebon serta batik-batik motif peranakan lainnya,” jelas Miranti.

Miranti berharap, dengan batik ini budaya peranakan melayu terangkat bersama budaya lokal. Dengan itu, maka akan tercipta akulturasi budaya dalam keberagaman sehingga menciptakan sebuah kerukunan.

Di sisi lain, Miranti berharap ibu-ibu PKK di Pekanbaru semakin kreatif dalam mengangkat budaya lokal. Khusus terhadap batik, istri Kapolresta Pekanbaru ini berharap akan semakin banyak motif-motif batik baru tentang budaya peranakan melayu.

Source http://pekanbaru.tribunnews.com http://pekanbaru.tribunnews.com/2013/02/07/miranti-siapkan-7-motif-batik-peranakan-jelang-imlek
Comments
Loading...