Batik Motif Deun Deng-geddengan Khas Tanjung Bumi

0 158

Batik Motif Deun Deng-geddengan (Daun Pisang) Khas Tanjung Bumi

Salah satu wilayah di negara Indonesia yang terletak di timur sebut saja Jawa Timur yang memiliki berbagai macam keunikan dari segi bahasa ataupun budayanya. Madura merupakan salah satu pulau yang terletak di provinsi Jawa timur yang tergolong memiliki bahasa yang unik, karna kebanyakn kosa katanya yang sering di beri imbuhan dari kata awal objek, contohnya seperti Deun Deng-kendengan (Daun Pisang).

Dari bahasa itulah para perajin batik memiliki inspirasi untuk membuat batik dengan tema Deun Deng-kendengan (Daun Pisang), hal itu juga menimbulkan keunikan di batik tersebut yang biasanya tergambar di kain batik adalah bunga, maka pembatik ini menggunakan Deun Deng-kendengan (Daun Pisang).

Terdapat filosofi yang ada dalam batik motif ini di sampaikan oleh perajin batik, dDeun Deng-kendengan (Daun Pisang) yang memiliki struktur deun (daun) yang besar di gambarkan dalam batik ini, artinya di gambar terdapat deun (daun) yang besar kecil, tapi mengikat satu sam lain untuk menjadi keutuhan yang kokoh tidak bisa di gempur oleh berbagai rintangan. Artinya dalam filosofi yang di sampaikan buat kehidupan berbangsa dan bernegara dari setiap stikkolder atas sampai bawah ketika saling merangkul maka bangsa tidak akan bisa di hancurkan dari berbagai problem-problem kenegaraan, rakyat bisa hidup makmur negara akan jaya.

Source http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/ http://tokobatikmerdekamarlena.blogspot.co.id/2017/01/batik-motif-deun-deg-geddengan.html
Comments
Loading...