Batik Motif Blekok Srondol

0 290

Batik Motif Blekok Srondol

Pembuatan Motif Batik Semarang sangatlah natural, berasal dari ide kreatifitas yang terlahir dari para pengrajinnya. Tentunya pengrajin tersebut memiliki kebudayaan yang kental dengan ciri khas budaya Semarang, oleh karena itu motif batik yang sering ditampilkan dari batik Semarang yaitu beberapa gambar rumah adat istiadat, mesjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief khas dari kota Semarang. Untuk pembakuan sebuah motif atau corak di Semarang belum direalisasikan layaknya Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan, dan beberapa kota lainnya yang membuat batik dengan peresmian corak yang khas dari masing-masing kota.

Hal tersebut menjadikan sebuah hal positif atau negatif bagi para pecinta batik tentunya, positifnya adalah bagi yang menyukai corak natural yang memang murni dari ide kreatifitas pengrajin batik hal itu akan menghasilkan kesan yang indah. Akan tetapi, sebagian ada yang kurang menyukainya karena belum terlihat sebuah kesan ciri khas yang mencerminkan batik budaya yang berasal dari Semarang. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Motif Blekok Srondol.

Batik Motif Blekok Srondol menggambarkan sepasang burung blekok yang sedang bercengkrama. Pola motif batik ini terinspirasi oleh keberadaan habitat burung burung Blekok liar yang terdapat di kawasan Srondol, Semarang. Burung-burung itu biasanya bertengger diantara cabang-cabang pohon asem yang ada di depan markas Benteng Rider di Srondol. Motif ini melambangkan keseimbangan lingkungan, baik alam maupun sosial.

Source https://lairdassoc.com/ https://lairdassoc.com/2016/10/25/batik-semarang/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/
Comments
Loading...