Batik Motif Baru Kreasi Perajin di 17 Kota Jadi Incaran Desainer

0 36

Batik Motif Baru Kreasi Perajin di 17 Kota Jadi Incaran Desainer

Batik menjadi kebanggaan bagi orang Indonesia. Busana batik juga semakin digemari di dalam negeri dan semakin dikenal di dunia internasional. Namun sayang, hanya batik dari daerah tertentu yang dikenal baik atau menjadi favorit. Padahal, Indonesia punya beragam batik sebagai warisan budaya dari berbagai wilayah. Untuk mendukung pengembangan batik nusantara, perusahaan Tower Bersama Infrastructure (TBiG) melirik batik nusantara dalam menjalankan program tanggung jawab korporasinya.

Alih-alih membina pembatik yang sudah dikenal kreasinya, TBiG memilih untuk mengembangkan motif batik baru dengan tetap mengangkat kekayaan daerah asal perajinnya. Alhasil, terciptalah 17 motif batik baru di 17 kota di Indonesia karya perajin lokal. Tak hanya menghasilkan motif batik baru, program ini juga membina perajin juga desainer untuk bisa menghasilkan produk kreatif dan fesyen yang digemari masyarakat luas. Kota perajin batik itu antara lain Padang, Medan, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Semarang, Pontianak, Makassar, Manado, Papua, Bali dan lainnya. “Perajin menyambut baik program ini karena motif batik lama tidak laku, terutama batik di luar Jawa yang tidak berkembang baik seperti di Jawa. Bahkan batik Makassar sekarang mulai langka,” kata Wiyanna, Corporate Communication Manager TBiG, di Jakarta.

Melalui program ini, perajin didorong menghasilkan motif batik baru untuk mereka jual sendiri. Sebagai pendukungnya, TBiG membantu akses pemasaran termasuk membuka akses pameran, selain mendirikan koperasi perajin batik berpusat di Rumah Batik Pekalongan. Incaran desainer Kain batik kreasi perajin juga akan dikembangkan menjadi busana siap pakai. Karenanya sejumlah desainer muda berbakat juga turut menjadi incaran. Tak hanya itu, rupanya desainer pun menyambut baik inovasi ini dan mengincar motif batik baru untuk pembuatan busana siap pakai mereka. Salah satunya Erdan. Desainer muda yang identik dengan kebaya ini telah mengembangkan batik motif baru dari perajin di 17 kota menjadi busana pesta. “Kami juga ingin membantu desainer muda terutama yang belum terangkat namanya. Selain Erdan akan ada desainer lain nantinya,” kata Wiyanna.

Menurut Wiyanna, batik motif baru kreasi perajin ini menjadi incaran desainer untuk kebutuhan rancangan busana mereka. Batik motif baru menjadi keunikan tersendiri karena membawa identitas khas daerah tetapi hadir dengan model baru yang tak pasaran. Inilah yang menjadi daya tarik bagi pelaku industri kreatif di bidang fesyen.

 

Source https://lifestyle.kompas.com https://lifestyle.kompas.com/read/2014/07/18/1142168/Batik.Motif.Baru.Kreasi.Perajin.di.17.Kota.Jadi.Incaran.Desainer.
Comments
Loading...