Batik Motif Baru Khas Kotawaringin Barat

0 29

Batik Motif Baru Khas Kotawaringin Barat

Bumi Marunting Batu Aji julukan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) telah mempunyai motif batik tersendiri. Melihat hal ini, orang nomor satu di daerah ini yakni Bupati Hj Nurhidayah SH MH sangat berharap, ke depan semua pegawai di Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) bisa pakai batik. “Saat ini Kobar telah mempunyai motif batik sendiri. Ke depan ini bakal di terapkan untuk seluruh jajaran di SOPD di lingkup Pemkab Kobar dan instansi yang ada di Kobar wajib menggunakan batik khas Kobar. Nanti ASN di seluruh SOPD di lingkup Pemkab Kobar di hari tertentu wajib mengenakan batik khas Kobar ini,” kata bupati.

Termasuk, nantinya, lanjut bupati, batik khas Kobar ini juga digunakan sampai ke tingkat sekolah, baik SD dan SMP di Kobar. Untuk motif batiknya bisa memilih salah satu dari 15 motif batik yang baru dilaunching.Sementara sebelumnya Bupati Kobar mengenalkan 15 desain batik khas Kobar hasil karya dari masyarakat melalui lomba desain batik, sekaligus kerjasama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta. Bupati Kobar Hj Nurhidayah mengatakan, batik merupakan warisan budaya yang patut di lestarikan. Bahkan saat ini motif batik di daerah mempunyai ciri khas masing-masing.

Begitu juga dengan motif batik tradisional khas Kobar yang baru di launching ini. Dimana motif batik mengusung flora dan fauna dan tempat sejarah dengan menonjolkan ciri khas yang ada di Bumi Marunting Batu Aji ini. Nurhidayah menjelaskan jika batik Inodnesia memiliki beragam motif dengan esensi filosofi, desain yang menarik dan nilai seni yang sangat tinggi serta metode pengerjaan yang membutuhkan kemampuan seni tinggi.

Oleh karena itu, batik merupakan produk khas Indonesia yang potensial dan harus dikembangkan dari berbagai segi, baik itu desain atau motif. Didasari hal inilah Pemkab Kobar melalui Disperindagkop menggelar desain lomba batik motif khas Kobar serta menggandeng Bali Besar Kerajinan dan Batik Yogyakarta demi menghasilkan motif batik khas Kobar. “Kami sangat mengapresiasi dari berbagai kalangan yang berpartisipasi untuk mendesain motif batik khas Kobar,” papar Nurhidayah.

Source http://kalteng.prokal.co http://kalteng.prokal.co/read/news/45835-kobar-punya-motif-batik-sendiri-bakal-diterapkan-ke-semua-asn
Comments
Loading...