Batik Motif Banjar Patroman Di Banjar

0 72

Batik Motif Banjar Patroman Di Banjar

Kota Banjar terletak di wilayah ujung timur Provinsi Jawa Barat. Kota ini memang bukan daerah penghasil batik, namun sejak tahun 2011 kota ini mulai memperkenalkan batik motif khas kota Banjar. Batik banjar merupakan batik yang tergolong baru di Jawa Barat. Tempat pembuatan Batik Banjar yang berada di Kelurahan Purwaharja Kecamatan Purwaharja Kota Banjar dan di Jalan Pamarican nomor 102, Banjar, Jawa Barat. Salah satu perajinnya yaitu Susianti.

Motif Batik Banjar terinspirasi dari budaya lokal Kota Banjar, ini merupakan hasil dari Lomba Cipta Motif Batik yang diadakan beberapa bulan sebelumnya. Pengembangan batik khas Banjar ini dibiayai oleh Dekranasda Kota Banjar.

Batik Motif Banjar Patroman

Banyaknya serbuan kain batik maupun kain motif batik atau batik printing, tidak menggoyahkan warga Kota Banjar untuk lebih tertarik mengenakan model khas daerah sendiri. Terlebih, saat ini motif batik Banjar juga terus berkembang atau bervariasi. Variasi tersebut tidak hanya pada penambahan ornamen, akan tetapi juga warna dasar kain batik. Warna dasar kain batik banjar semula hanya indigo atau biru dongker, akan tetapi dalam perkembangannya warna dasar juga semakin beragam. Seiring dengan permintaan dan disesuaikan dengan kebutuhan, warna dasar juga semakin berkembang. Ada warna dasar kuning, biru dan lainnya, motif utama tetap dipertahankan, hanya beberapa sisi diberi sentuhan baru.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-banjar/
Comments
Loading...