Batik Motif Asem Arang

0 440

Batik Motif Asem Arang

Motif Batik Semarang sangatlah natural, yang berasal dari ide kreatifitas yang terlahir dari para pengrajinnya. Tentunya pengrajin tersebut memiliki kebudayaan yang kental dengan ciri khas budaya Semarang, oleh karena itu motif batik yang sering ditampilkan dari batik Semarang yaitu beberapa gambar rumah adat istiadat, mesjid, tanaman, binatang, dan beberapa relief khas dari kota Semarang. Untuk pembakuan sebuah motif atau corak di Semarang belum direalisasikan layaknya Batik Solo, Batik Jogja, Batik Pekalongan, dan beberapa kota lainnya yang membuat batik dengan peresmian corak yang khas dari masing-masing kota.

Hal tersebut menjadikan sebuah hal positif atau negatif bagi para pecinta batik tentunya, positifnya adalah bagi yang menyukai corak natural yang memang murni dari ide kreatifitas pengrajin batik hal itu akan menghasilkan kesan yang indah.Salah satu motif batik yang dibuat adalah Batik Motif Asem Arang.

Batik Semarangan Motif Asem Arang ini merupakan Batik Motif  Landmark atau ikon Kota Semarang, karena pada akhir abad 15 M tumbuh sebuah jenis pohon asem arang atau asem  yang jarang di Semarang, sehingga pohon itu dinamakan sebagai nama daerah menjadi Semarang.

Source https://lairdassoc.com/ https://lairdassoc.com/2016/10/25/batik-semarang/ http://aprilhijaber.blogspot.co.id/
Comments
Loading...