Batik Motif Al-quran Menyatukan Nusantara dan Bangsa lain

0 6

Batik Motif Al-quran Menyatukan Nusantara dan Bangsa lain

Indonesia memiliki ratusan produk budaya dari berbagai suku bangsa yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Di antara perbedaan itu, terkadang ada produk budaya yang sama-sama dipunyai oleh berbagai suku bangsa tersebut. Salah satunya adalah batik.

Meski sering disinggung sebagai produk yang lebih banyak dihasilkan dan digunakan di Pulau Jawa, berbagai daerah lain di Indonesia juga mengenal batik. Dari daratan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, hingga Papua semuanya mengenal batik. Tentunya dengan gaya dan corak yang berbeda-beda.

Batik Indonesia pun telah diakui dunia. Salah satu badan Perserikatan Bangsa Bangsa, UNESCO, telah menetapkan batik Indonesia sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009.  Pengakuan yang diberikan UNESCO membuat citra batik Indonesia semakin terangkat.

Tercatat beberapa pemimpin dunia seperti Nelson Mandela dan Barack Obama pernah menggunakan batik event-event resmi tingkat internasional. Batik pada akhirnya tidak hanya berfungsi sebagai produk budaya untuk kebutuhan sosial dan estetis. Tapi juga sebagai simbol kebanggaan Indonesia di kancah internasional, dan terutama sebagai budaya pemersatu Nusantara.

Source https://rumahbatiklink.wordpress.com/ https://rumahbatiklink.wordpress.com/2016/12/23/batik-motif-alquan-menyatukan-nusantara-dan-bangsa-lain/
Comments
Loading...