Batik Monokrom

0 365

Batik Monokrom

Batik Monokrom merupakan penerapan teknik batik dan pewarnaan dengan satu jenis warna pada kain. Proses perintangan zat warna pada kain dengan teknik batik cap, lebih ditekankan pada arah pembentukan motif batiknya dengan satu macam jenis zat warna yang disebut ”monocolor”, yang penggarapannya lebih menekankan pada pengolahan motif atau coraknya agar penampilan lebih menarik. Tingkat kelebihan terletak pada bagaimana mengolah pewarnaan dari satu jenis warna dengan beberapa wujud intensitas yang dapat mendukung motif. Pengolahan pewarnaan yang baik akan mendukung motif dengan hasil yang lebih baik, walaupun hanya menggunakan satu jenis warna.

Ada 2 jenis Batik Monokrom antara lain :

  • Batik dengan warna putih pada bagian motif dan warna pada bagian luar motif.
  • Batik tua dan muda yang sejenis, yaitu batik dengan warna muda pada bagian motif dan warna tua pada bagian luar motif.

Proses pembuatan pada Batik Monokrom sama dengan pembuatan Batik Kelengan, hanya untuk warna yang dipakai bukan warna wedelan, tetapi warna-warna lain yang menyolok seperti: merah, hijau, violet, dan sebagainya. Zat warna reaktif yang diinginkan ialah jenis zat warna remasol atau procion dan zat warna naptol. Teknik ini dalam dunia pembatikan dimasukan pada proses pembatikan lain yang disebut Batik Monokrom. Batik Monokrom jarang dijumpai di pasaran. Batik sekarang lebih cenderung kearah kombinasi warna. Monokrom dipandang salah satu proses pembatikan yang lebih banyak mengolah motif daripada warna.

Batik Monokrom lebih elegan jika dipadupadankan dengan corak tekstil khas Indonesia lainnya. Batik Monokrom dapat menjadi pilihan bagi wanita muslimah yang tetap ingin modis dan trendi. Batik Monokrom sederhana tapi cocok jika dimodifikasikan dengan yang kain lain. Batik monokrom bisa dikreasi dengan padu padan busana yang ada dengan warna yang cocok. Misalnya memadukan motif persegi dengan Batik Pekalongan bermotif bunga, dan lain-lain.

Source Batik Monokrom Batik
Comments
Loading...