Batik Mojokerto : Punya Gaya Pembatikan yang Khas

0 126

Perkembangan batik di Indonesia menyebar sampai ke berbagai daerah salah satunya adalah Mojokerto dan Tulungagung. Dengan pusat kekuasaaan Kerajaan majapahit berada di jawa timur (Trowulan, Mojokerto) tidak heran jika setiap kota di Jawa Timur mengenal batik. Daerah Jawa Timur terutama Mojokerto memiliki gaya pembatikan yang khas karna sangat dengan pusat kekuasaan majapahit dan perkembangan batiknya dapat kita telusuri didaerah Mojokerto. 

Pada Zaman dahulu sebelum krisis ekonomi akibat perang dunia I Pasar Porong dikenal sebagai pasar yang ramai dengan banyaknya hasil kerajinan batik dari Kedungcangkring, Jetis, Sidoarjo dan sekitarnya dengan adanya krisis yang melanda banyak pengusaha batik yang bangkrut dan setelah krisis usai baru mulai bangkit kembali perlahan lahan setelah Mojokerto masuk menjadi bagian dan Republik Indonesia. Secara umum batik Tulung agung dan Mojokerto masih di pengaruhi motif dari Solo dan Yogya dan sentra batik Tulungagung desa Majan dan desa Simo.

Sedangkan Mojokerto berada di daerah Kwali, Mojosari, Betero dan Sidomulyo. Batik Majan dan Simo. Batik Majan dan simo sangat unik karna warna dasarnya merah menyala dari kulit mengkudu dan warna lainnya dari daun tom dan sentra batik nya berada di desa sembung.

Source batik.or.id batik.or.id/batik-mojokerto-dan-tulungagung
Comments
Loading...