Batik Minahasa Motif Manguni Di Manado

0 65

Batik Minahasa Motif Manguni Di Manado

BATIK bukan hanya dikenal di daerah Jawa saja, melainkan menyebar hingga ke daerah lain di Indonesia. Salah satunya di Manado, Sulawesi Utara.

Ide keduanya untuk mengembangkan batik Minahasa karena melihat banyak warga masyarakat Manado yang senang menggunakan batik, sehingga keduanya tertarik untuk membuat batik yang berasal dari Sulawesi Utara.

“Banyak dari warga masyarakat kita senang menggunakan batik, karena batik-batik yang dipakai motifnya berasal dari luar Sulut, maka kami tertarik membuat batik yang motif-motifnya ciri khas dari Sulut,” ujar Sandra Rondonuwu, seorang pengrajin Batik Minahasa.

Berdasarkan hal itu, Empat tahun silam, keduanya mendirikan Wale Batik Minahasa sebagai sentra produksi pembuatan batik Minahasa. Pembuatan batik Minahasa sendiri melalui proses Canting dengan menggunakan lilin.

Sudah ratusan motif berhasil diciptakan, mulai dari Motif Manguni, Cengkeh, Tawaang, Kabasaran, Kelapa, yang merupakan ciri khas dari Sulut dan merupakan motif yang paling banyak dicari para pencinta batik, bahkan dunia internasional.

“Sudah sekitar seratus lebih motif yang ada sekarang, setiap harinya kami terus  berupaya untuk mengembangkan motif-motif  baru sehingga orang menggunakan batik tidak merasa jenuh dengan motif itu-itu saja,” jelas Sandra.

Batik Minahasa sendiri bukan hanya diminati di Sulut dan Indonesia, bahkan juga sudah merambah sampai keluar negeri, seperti Belanda, Amerika dan Jerman. Batik Minahasa juga sempat menjadi perhatian pada pelaksanaan Sulut Expo Netherlands 2016 lalu. Sandra berharap batik bisa tertular kepada banyak orang dan bisa mencintai batik sebagai budaya Indonesia

Source https://lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2017/09/19/194/1779062/batik-minahasa-motif-manguni-yang-mencuri-perhatian-di-belanda
Comments
Loading...