Batik Minahasa Mendunia Dibeberapa Negara

0 184

Batik Minahasa Mendunia Dibeberapa Negara

Batik Minahasa sudah banyak dikenal terutama bagi yang pengagum batik.  Batik Minahasa memang beda dengan batik pada umumnya. Batik ini memiliki ciri khas tersendiri, yakni motif batik diambil dari budaya Minahasa. Seperti burung manguni yang hanya ada di Minahasa, kelapa, cengkih dan kabasaran serta tawaang. Salah satu pemilik Batik Minahasa Sandra Rondonuwu, kini telah memproduksi seratus motif, yang semuanya khas Minahasa dan sebagiannya dari daerah lain yang ada di Sulawesi Utara. “Setiap bulannya kami selalu memproduksi motif yang baru, ini menjaga agar pelanggan batik Minahasa tidak cepat bosan dengan corak yang kami miliki”, ujar Sandra.

Pelanggannya kini sudah mulai merambah ke luar negeri, sudah banyak kain batik yang dikirim ke luar negeri. Diantaranya di Amerika, Belanda, Jerman dan Singapura. Berdirinya Batik Minahasa, keterpanggilan Sandra karena banyak orang Manado, yang menggunakan batik. Tapi khas dari daerah lain. Maka dia pun berpikir kenapa tidak menciptakan batik dari Minahasa daerah sendiri. Maka dia pun selama 3 bulan belajar membatik dengan cara canting di pulau Jawa. Setelah itu Sandra pun langsung mencari motif-motif dari Minahasa. Dan pada tahun 2014 Sandra mulai memproduksi kain batik Minahasa.

Untuk harga dari Batik Minahasa ini mulai dari Rp. 300 ribu sampai jutaan rupiah. Harga yang jutaan rupiah, batiknya di canting diatas kain sutra. Batik Minahasa, memiliki keunikan karena motifnya menceritakan budaya Minahasa dan daerah lainnya di Sulawesi Utara, sehingga banyak orang yang menggunakan batik Minahasa.

Source Batik Minahasa Mendunia Dibeberapa Negara Batik
Comments
Loading...