Batik Minahasa Curi Perhatian Dunia

0 244

Batik Minahasa Curi Perhatian Dunia

Dalam pagelaran Kaweng Adat Minahasa melalui trunk show para pengurus Yayasan Torang Samua Basudara (YTSB) membuat Batik Minahasa mencuri perhatian dari para tamu yang umumnya para duta besar negara sahabat di Roma-Italia. Dari 400-an orang yang terdiri dari duta besar dan diplomat asing hadir dalam acara pagelaran Kaweng Adat Minahasa (KAM) yang sekaligus dengan pagelaran fashion show batik Minahasa yang menampilkan tiga sequence dari baju tradisional, casual, dan gaun malam.

Terdapat 15 koleksi Wale Batik Minahasa dengan bahan dasar Batik Minahasa dipamerkan melalui fashion show. Para tamu asing tampak terkagum-kagum melihat Batik Minahasa. Carlo Marques adalah salah satu diplomat asal Amerika Latin mengaku terpesona dengan corak dan ciri khas Batik Minahasa. Pada acara pagelaran Kaweng Adat Minahasa (KAM) yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar RI di The Westin Excelsior Roma yang bekerja sama dengan YTSB, Kamis (26/9), performa hebat Ruth Sahanaya makin komplit dan anggun saat dibalut Batik Minahasa.

Ada tiga busana yang dikenakan Uthe selama acara berlangsung, dan semua didesain oleh perancang papan atas Indonesia, Didith Maulana. Sementara Veldy Umbas dari Wale Batik Minahasa merasa sangat bersyukur karena batik Minahasa mampu tampil di dunia internasional. “Para duta besar dari seluruh dunia dan mereka memberi apresiasi yang sangat tinggi. Animo para tamu terlihat dengan keinginan mereka untuk membeli kain Batik Minahasa. Sayangnya dalam acara ini tidak diperbolehkan melakukan transaksi karena izin acara hanyalah pertunjukan bukan pameran. Namun demikian kami bersyukur karena Batik Minahasa bisa diterima di hati para tamu-tamu asing,” ujarnya.

Setelah pargelaran selesai sejumlah pengusaha butik yang menjual kain dan barang-barang etnik asal Indonesia meminta Wale Batik Minahasa untuk menyuplain kain dan pakaian Batik Minahasa untuk memenuhi pasaran busana etnik asal Indonesia. Bahkan ibu Dubes Sonya Parengkuan Kusler secara khusus meminta suplai kain Batik Minahasa agar bisa dipasarkan di Italia karena memang banyak permintaan dari masyarakat terhadap kain-kain etnik asal Indonesia.

Source Batik Minahasa Curi Perhatian Dunia Batik
Comments
Loading...