Batik Mendalan Khas Pasuruan

0 186

Batik Mendalan Khas Pasuruan

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dijaga kelestariannya dan batik memang mempunyai corak yang sangat beragam. Dari satu provinsi saja bisa didapatkan lebih dari dua corak batik yang khas. Di daerah Pasuruan, Jawa Timur, ada Batik Mendalan yang dikembangkan masyarakat yang tinggal di Desa Mendalan, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan sejak beberapa tahun lalu.

Di desa ini terdapat Kelompok Batik Bina Lestari yang memproduksi Batik Mendalan. Saat ini telah tergabung 10 perempuan berusia di bawah umur 20 tahun yang dibimbing untuk membuat corak batik tersebut. Adapun corak khas batik Mendalan adalah kehadiran motif daun sirih dan daun sukun. Warnanya pun berwarna-warni, mulai dari warna merah, biru, kuning, dan ungu. Karena motifnya yang unik dan warna yang cerah, batik ini dapat digunakan dalam segala suasana baik untuk formal maupun kasual

Menurut salah satu pembina kelompok batik ini, Vranie Lebaristha Anandia Suyanto mengatakan kelompok batik ini sudah berdiri sejak tahun 2010. Kehadirannya sangat membantu perempuan-perempuan di desa tersebut yang ingin membantu perekonomian keluarga, sekaligus tetap melestarikan budaya setempat. Pengembangan industri rumah tersebut juga tak lepas dari bantuan AQUA Grup yang bekerja sama dengan lembaga swadaya masyarakat Social Investment Indonesia (SII). Bantuan yang diberikan berupa bimbingan, penyediaan alat, dan distribusi kepada pihak pembeli.

Source Batik Mendalan Khas Pasuruan Batik
Comments
Loading...