Motif Batik Melayu “Ikan Tamban”

0 1.289

Batik Melayu “Ikan Tambang”

Saat membuat motif batik perlu dibutuhkan inspirasi agar motif batik tercipta itu banyak yang suka dan bisa menjadi motif khas daerahnya. Inspirasi yang didapat bisa dari mana sumbernya tergantung pembuatnya bisa mengimajinasikannya. Biasanya motif-motif batik selalu mempunyai arti dan filosofi tertentu. Mendesain motif batik baru, biasanya dilakukan dengan menggali budaya setempat salah satunya di Kepulauan Riau yang membuat motif batik dengan inspirasi biota lautnya, dan biasanya bertujuan untuk lebih menunjukkan kekhasan daerah tersebut. Motif batik yang tercipta di Kepulauan Riau adalah tentang batik bermotif Ikan Tamban batik yang berasal dari daerah Melayu, khususnya Melayu Kepulauan Riau.

Ikan tamban atau nama latinnya Hilsa Keele merupakan ikan yang sangat terkenal di Kepulauan Riau khususnya di kawasan Kabupaten Lingga dan sekitarnya. Ikan ini  sangat digemari oleh masyrakat.  Makna filosofis dari ikan ini adalah kebersamaan dan kesederhanaan dalam hidup bermasyarakat, tidak mengenal kelas sosial dan menjadi kesukaan orang banyak. 

Gelombang dan arus laut digambarkan secara dekoratif dengan perbedaan warna kontras pada motif. Gelombang dan arus laut ini menggambarkan kehidupan bermasyarakat yang selalu ada masalah dan  harus dapat selalu dihadapi dengan kesabaran.

Motif  Ikan Tamban ini memiliki makna kebersamaan dalam suka dan duka. Ibarat ikan tamban yang menjalani hidup bersama dan juga siap untuk menghadapi gelombang bersama pula, baik itu gelombang kecil maupun gelombang besar.

 

Source Batik Melayu "Ikan Tamban" Batik
Comments
Loading...