Batik Melayu Batam Kepri “Gelombang Laut Selat Singapura”

0 259

Batik Melayu Batam Kepri “Gelombang Laut Selat Singapura”

Batik merupakan warisan budaya yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit yang tetap harus dijaga kelestariannya. Saat ini batik sudah menjadi tren tersendiri disetiap daerah masing-masing. Mulai anak-anak sampai orangtua, pakaian jenis ini sering dikenakan. Termasuk di Batam atau Kepulauan Riau, rata-rata seluruh karyawan instansi atau perkantoran wajib mengenakan pakaian batik pada hari-hari tertentu.

Batik sendiri tersedia beragam jenis, seperti batik tulis, cap, dan sablon. Bahan dasar yang dibuat juga variatif, tergantung kepada seleranya. Ada kain sutera, doby, paris, katun, shantung, dan mori (kafan). Batik yang paling istimewa menggunakan bahan sutera dengan teknik pembatikan dengan cara di tulis (canting).

Motif  Gelombang Laut Selat Singapura dibuat berdasarkan ingatan bahwa Batam terletak di pulau terdekat dengan Singapura. Dari pulau Batam pemandangan indah Negara Singapura bisa dilihat dari berbagai sudut pulau, dan bahwa keindahan Pulau Batam juga menjadi daya tarik tersendiri dari penduduk Singapura. Hal ini juga menjadi kekhasan tersendiri dari pulau Batam.

Motif ini terdiri dari beberapa motif yang digabungkan dan diolah sedemikian rupa sehingga tampak seperti gelombang laut. Beberapa motif ini melambangkan keindahan Melayu yang menjadi daya tariknya, sedangkan motifnya yang diolah seperti gelombang laut melambangkan bahwa batam dikelilingi oleh laut, dan salah satunya adalah selat Singapura. Beberapa motif yang digabungkan, antara lain adalah motif bunga melur, motif gonggong, motif gelombang, dll. Sedangkan warna-warna yang digunakan, seperti biasanya adalah warna-warna ceria khas daerah pantai.

Khusus kain batik ini, kain ini diolah dengan batik cap digabung dengan batik tulis dengan mengunakan teknik pewarnaan khusus sehingga bisa menimbulkan warna-warna pelangi. Tahun 2012 motif batik ini digunakan oleh Walikota Batam sebagai souvenir resmi kantor Walikota.

Source Batik Melayu Batam Kepri "Gelombang Laut Selat Singapura" Batik Batik Kepri
Comments
Loading...