Batik Mega Sambhara

0 167

Batik Mega Sambhara

Ide dasar dalam membuat Batik Mega Sambhara ini berasal dari stilasi awan yang berada di atas Candi Borobudur dan stupa yang berada di tingkat Arupadhatu. Stupa tersebut diyakini oleh pemeluk agama Budha sebagai jembatan untuk meditasi dan mendekatkan dengan Tuhan Yang Maha Esa. Motif utama pada motif batik ini ada 2 yaitu : Motif Utama Awan Motif awan berasal dari stilasi gumpalan awan di atas Candi Borobudur dan Motif Stupa Motif stupa merupakan stilasi dari bentuk stupa di tingkat Arupadhatu.

Terdapat juga motif tambahan ada 2 motif yaitu : Motif Garis 1 berupa susunan garis lengkung yang menghubungkan antara awan dan stupa dan Motif Garis 2 berupa garis lengkung tebal dengan bentuk besar dan kecil, garis ini merupakan stilasi dari kabut. Batik ini juga memiliki tumpal yang bentuk stilasi dari pegunungan dan pohon yang digambar dengan bentuk segitiga.

Pola Batik Mega Sambhara

Pada motif ini terdapat irama yang menggunakan teknik pengulangan (Repetition) pada motif dan ukuran, sedangkan arah motifnya menggunakan arah bolak-balik berjejer.

Warna Batik Mega Sambhara

Warna yang digunakan pada batik mega sambhara terdiri dari tiga warna yaitu, coklat muda, coklat tua dan hitam. Warna hitam diterapkan pada latar batik (Background), warna coklat tua diterapkan pada stupa, latar tumpal, awan. Warna coklat muda diterapkan pada motif isian tumpal, dan warna putih diterapkan pada garis klowong.

Makna Batik Mega Sambahara

Makna dari batik Mega Sambhara dijabarkan sebagai berikut:

  • Stupa memiliki makna untuk mencapai keluhuran.
  • Awan memiliki arti tingkatan.
  • Tumpal memiliki makna kesuburan.
Source Batik Mega Sambhara Batik
Comments
Loading...