Batik Mega Mendung, Karya Cirebon yang Dilirik Dunia Internasional

0 38

Selain kaya akan aneka wisata sejarah, Cirebon juga punya beragam batik dengan motif luar biasa cantik. Dari banyaknya motif khas tersebut, ada salah stau diantaranya yang sudah merebut hati banyak wisatawan baik lokal maupun internasional. Apalagi kalau bukan batik motif mega mendung. Selain terlihat cantik, motif ini juga dikenal memiliki makna filosofis yang mendalam dari segi warna dan juga di tiap goresannya.

Dan tercatat dengan jelas dalam sejarah bahwa Sunan Gunung Jati yang pada abad ke 16 menyebarkan agama Islam di Cirebon menikahi seorang ratu dari Cina bernama Ratu Ong Tien. Dan kala itu ada beberapa benda seni yang dibawa dari Cina ke Cirebon seperti piring, keramik, serta kain dengan hiasan berupa bentuk awan. Sejak itulah kemudian disebutkan bahwa pernikahan Sunan Gunung Jati dengan Ratu Ong Tien ini merupakan pintu gerbang masuknya budaya serta tradisi Cina ke Keraton Cirebon. Kemudian para pembatik coba menuangkan budaya dari Cina tersebut menjadi sebuah motif batik cantik, namun penuh dengan sentuhan ala Cirebon. Adapun perbedaan motif Cina dan Cirebon di sini terletak pada garis awannya. Yang mana Cina punya garis awan berupa bulatan atau lingkaran, sedangkan Cirebon punya garis awan lancip, lonjong, dan segitiga.

Pertama bisa dilihat dari filosofi warnanya, yaitu warna merah serta biru yang merupakan penggambaran sifat masyarakat pesisir yang terkenal terbuka dan lugas. Tak hanya itu, gradasi pada gambar awan yang ternyata juga menjadi simbol tujuh lapisan langit. Belum lagi mengenai kata mendung yang diartikan sebagai sifat manusia yang sabar serta tak mudah marah. Pertama bisa dilihat dari filosofi warnanya, yaitu warna merah serta biru yang merupakan penggambaran sifat masyarakat pesisir yang terkenal terbuka dan lugas. Tak hanya itu, gradasi pada gambar awan yang ternyata juga menjadi simbol tujuh lapisan langit. Belum lagi mengenai kata mendung yang diartikan sebagai sifat manusia yang sabar serta tak mudah marah.

Source https://cireboncinnamon.com/batik-mega-mendung-cirebon/ cireboncinnamon.com
Comments
Loading...