Batik Masyarakat Sukabumi

0 339

Batik Masyarakat Sukabumi

Batik yang dibuat oleh masyarakat Sukabumi sudah memiliki dua motif batik khas dan asli dari kota ini yang telah memiliki hak Cipta. Dalam rangka untuk melindungi motif batik khas Kota Sukabumi ini agar tidak ditiru dan dibuat secara sembarangan maka pemerintah daerah kota ini mengajukan dua motif batik yang dibuat oleh seniman batik asli kota tersebut untuk dilindungi hak ciptanya. Kedua motif batik tersebut adalah Motif Batik Sukabumi Masagi dan juga motif batik leungli di Gunung Parang. Motif batik yang disebut kan di atas tersebut merupakan dua buah motif batik yang menjadi hasil karya seni seniman batik kota Sukabumi yaitu Fonna Melania yang juga merupakan pemilik usaha Batik Lokatmala Sukabumi.

Saat ini Kota Sukabumi telah memiliki banyak ragam jenis dan juga corak batiknya, namun motif batik yang saat ini didaftarkan untuk perlindungan Hak Cipta adalah kedua motif batik tersebut. Saat ini motif batik tersebut telah menjadi pakaian seragam di lingkungan pemerintahan Kota Sukabumi. Dalam rangka meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan batik, pemerintah kota Sukabumi memang mewajibkan kepada para pegawainya untuk menggunakan baju batik dengan motif khas Sukabumi ini sebagai salah satu baju seragam mereka. Dengan terpilihnya motif batik buatan Batik Lokatmala Sukabumi ini sebagai batik yang menjadi seragam kantor, secara otomatis membuat industri baju batik yang ada di wilayah Sukabumi ini bergerak dan membuat masyarakat kota tersebut menjadi lebih menyadari bahwa kota mereka memiliki motif batik yang khas.

Diharapkan masyarakat luas juga nantinya akan bangga mengenakan batik khas dari Sukabumi ini dalam pekerjaan mereka setiap harinya. Selain itu pemerintah kota Sukabumi juga melakukan berbagai macam program untuk meningkatkan industri dan juga seni batik di daerah ini. Selain itu pemerintah juga mendorong dinas koperasi, perindustrian dan perdagangan kota tersebut untuk memiliki program yang berfungsi dalam mengurus hak cipta berbagai macam motif batik khas Sukabumi ini ke Ditjen HAKI.

Source Batik Masyarakat Sukabumi Batik
Comments
Loading...