Batik Masyarakat Papua

0 287

Batik Masyarakat Papua

Kain yang menjadi kebanggaan Indonesia diantaranya adalah kain batik, kain tenun dan juga songket yang semuanya telah berhasil membuat kesenian Indonesia menjadi sangat terkenal di dunia. Salah satu kain yang sudah diakui oleh dunia yaitu kain batik adalah sebuah kesenian Indonesia yang telah berhasil mendapatkan pengakuan sebagai tradisi dan warisan budaya masyarakat Indonesia dari badan dunia Internasional.

Batik saat ini sudah lagi bukan monopoli dan dibuat hanya oleh masyarakat Jawa, namun telah ada di berbagai provinsi dan seluruh wilayah Indonesia. Daerah papua yang terletak di ujung timur Indonesia saat ini juga telah menjadi daerah yang menjadi pembuat berbagai macam Motif Batik.

Batik yang dibuat oleh masyarakat papua memiliki Motif Batik yang sangat Papua. Motif Burung Cendrawasih, Motif Rumah Honai dan juga berbagai macam hewan khas yang berasal dari daerah Papua ini telah menjadi andalan dari baju batik yang ada di daerah Papua ini. Warna yang dipakai dalam baju batik asal Papua ini juga sangat beragam.

Cara membuat batik yang dilakukan oleh masyarakat Papua, ada yang menggunakan teknik cap dan ada juga yang menggunakan teknik batik tulis. Bahan yang dipakai juga beragam mulai dari kain katun hingga kain sutra. Batik yang dibuat oleh masyarakat Papua cenderung lebih modern dan menggunakan berbagai macam jenis warna yang cerah yang membuat batik ini menjadi sangat menarik. Berbagai macam warna seperti merah terang, hijau, biru, dan juga warna ungu dan merah muda sering dipakai dalam warna batik Papua ini.

Source Batik Masyarakat Papua Batik
Comments
Loading...